BidangKeahlian : 1. Bisnis dan Manajemen
2. Pariwisata
Program Keahlian : 1.
Pemasaran
2. Manajemen Perkantoran dan LayananBisnis
3. Akuntansi dan Keuangan Lembaga
4. Usaha Layanan Pariwisata
5. Perhotelan
6. Kuliner
KonsentrasiKeahlian :
1. BisnisRitel
2. ManajemenPerkantoran
3. Akuntansi
4. Usaha LayananWisata
5. Perhotelan
6. Kuliner
PROGRAM KEAHLIAN
1. Program Keahlian Pemasaran
Program Keahlian Pemasaran merupakan program keahlian
yang membekali pesertadidik nya dengan berbagai ilmu pemasaran, seperti mempelajari
proses penyusunan komunikasi terbaru yang
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitan nya dengan memuaskan keinginan pelanggan serta dapat langsung berkomunikasi dengan masyarakat umum.
Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema
Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, Lulusan program
keahlian ini memiliki kompetensi tentang:
a.
Melaksanakan pekerjaan sebagai Kasir
b.
Melaksanakan pekerjaan sebagai Pramuniaga
c.
Melaksanakan pekerjaan Operasional Penjualan Produk
dan Jasa
Karakter yang diharapkan setelah pesertadidik menyelesaikan
Pendidikan pada program keahlian Pemasaran yaitu: jujur, mandiri, teliti,
kreatif, inovatif, adaptif, disiplin, energik,
bekerjakeras, tekun, sopan, santun, ramah, dan bertanggung jawab.
Program keahlian ini memiliki 7
(Tujuh) orang guru kejuruan dengan latarbelakang pendidikan yang linear sebagai berikut:
Guru Kejuruan
Program KeahlianPemasaran
No |
Nama |
LatarBelakang
Pendidikan |
Mata
Pelajaran yang diampu |
1. |
Drs.TaviFerisman |
SI Tata Niaga |
1. BisnisOnlie, 2. Informatika |
2. |
Dra.Veldayanti |
SI Tata Niaga |
1. KonsentrasiKeahlian, 2. PengelolaanBisnisRitel 3. AdminstrasiTransaksi |
3. |
Drs.Riswaldi |
SI Tata Niaga |
ProdukKreatif dan kewirausahaan |
4. |
Dra.Sridarmayeti |
SI Tata Niaga |
1. KonsentrasiKeahlian 2. PenataanProduk 3. AdministrasiTransaksi |
5. |
Nelfida, S.Pd |
SI Tata Niaga |
1. Dasar Kejuruan, 2. Bisnis Online 3. KonsentrasiKeahlian |
6. |
Drs.Surbaini |
S1 Koperasi |
1. Dasar Kejuruan |
7. |
DewiAnggraini,
S.Pd |
S1 Tata Niaga |
1. Mata
Pelajaran Pilihan, 2. ProdukKreatif dan kewirausahaan |
2. Program Keahlian Manajemen Perkantoran
dan Layanan Bisnis
Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis merupakan
salah satu cabang bidang keahlian Bisnis dan Manajemen yang pada
praktik kerjanya berperan untuk memastikan operasional kantor berjalan lancar.
Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis pada kegiatan sehari-harifokus pada
perencanaan kegiatan kantor, penyediaan peralatan kantor,
mengatur perubahan antar departemen, mengatur anggaran keuangan sampai dengan membantu tugas manajemen senior untuk menggaji pegawai.Siswa Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis juga
dibekali dengan kemampun berkomunikas isehingga lulusan jurusan inimemiliki kompetensi
di bidang hubungan massa, asisten personil maupun sebagai penyelenggara acara.
Berdasa kankurikulum
SMK dan Skema Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada
Kompetensi Keahlian Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran, lulusan program
keahlian ini memiliki kompetensi tentang:
- PengelolaanDokumen
Kantor
- MelakukanKomunikasi
di TempatKerja
- Penyusunan
Agenda Kerja dan Agenda Perjalanan Dinas Pimpinan
- MemberikanLayanan
Prima
- MembantuPengelolaan
Kas Kecil
Karakter
yang diharapkan setelah peserta didik menyelesaikan Pendidikan pada program
keahlian Manajemen Perkantoran
dan Layanan Bisnis yaitu: disiplin, teliti, jujur, tekun, komunikatif, sopan,
santun, ramah, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.
Program
keahlian ini memiliki 9 (Sembilan)
orang guru Kejuruan dengan latarbelakang Pendidikan yang linear
sebagaiberikut:
Tabel 13
Guru
Kejuruan Program Keahlian
ManajemenPerkantoran dan LayananBisnis
No |
Nama |
LatarBelakang
Pendidikan |
Mata
Pelajaran yang diampu |
1. |
Dra. Happy Yeni |
S1 AdmPerkantoran |
OTK Keuangan dan Informatika |
2. |
Dra. Yenni Atri |
S1 AdmPerkantoran |
1. Humas dan Keprotokolan 2. Mata Pelajaran
kosentrasiKeahlianPengelolaanAdmUmum |
3. |
Dra. Nilma |
S1 AdmPerkantoran |
1. ProdukKreatif dan Kewirausahaan 2. Dasar DasarKejuruan |
4. |
Dra. Elinafidar |
S1 AdmPerkantoran |
1. ProdukKreatif 2. Mata Pelajaran
KosentrasiKeahlianTehknologi Kantor |
5. |
Dra. Dian Gema Sari |
S1 AdmPerkantoran |
OTK Sarana Prasarana |
6. |
Dra. Enita |
S1 AdmPerkantoran |
1. OTK Keuangan 2. Mata Pelajaran Pilihan |
7. |
Rosneli, S.Pd |
S1 AdmPerkantoran |
1. Dasar DasarKejuruan 2. Mata Pelajaran KosentrasiKeahlanPengelolaanKearsipan |
8. |
Heldi, S.Pd |
S1 AdmPerkantoran |
1. OTK Kepegawaian 2. Dasar DasarKejuruan |
9. |
GusnaSadriyenti,S.Pd |
S1 AdmPerkantoran |
Mata Pelajaran KosentrasiKeahlianTekhnologi
Kantor |
3. Program Keahlian Akuntansi
dan Keuangan Lembaga
Program
Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga
secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan
melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi. Tenaga
bagian akuntansi sangat diperlukan oleh seluruh perusahaan kecil, menengah, dan
besar. Baik itu perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan pabrik karena data
yang dihasilkan oleh
bagian akuntansi sangat diperlukan perusahaan untuk mengetahui likuiditas,
solvabilitas dan rentabilitas perusahaan.
Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema
Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada
Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, lulusan program
keahlian ini memiliki kompetensit entang:
a. Penyusunan laporan Keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik
(SAK ETAP)
b. Pengoperasian paket program
pengolahan data / Spreadsheet
c. Pengoperasian Aplikasi Komputer Akuntansi
Karakter yang
diharapkan setelah pesertadidik menyelesaikan Pendidikan pada program
keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga yaitu: jujur, tekun, mandiri, teliti, kreatif,
inovatif, disiplin, bertanggung jawab, ramah, sopan, dan santun,
Program keahlian inimemiliki 6 (enam)
orang guru Kejuruan dengan latarbelakang Pendidikan yang linear
sebagai berikut:
Tabel 17
Guru KejuruanAkuntansi dan Keuangan
Lembaga
No |
Nama |
LatarBelakang Pendidikan |
Mata Pelajaran yang diampu |
1. |
Drs.Yurmita |
S1 Pendidikan Akuntansi |
1. Informatika 2. Dasar-dasar Program Keahlian AKL 3. AkuntansiKeuangan |
2. |
Dra. Sri Gusti |
S1 Pendidikan Dunia Usaha |
1.
ProdukKreatif dan Kewirausahaan 2.
Mata Pelajaran Pilihan |
3. |
Dra. NelyEfliza |
S1 Pendidikan Dunia Usaha |
1. Dasar-dasar Program Keahlian 2. Mata
Pelajaran KosentrasiKeahlianAkuntansi |
4. |
Drs.Yulisda |
S1 Pendidikan Dunia Usaha |
1. PraktikumAkuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur 2. AkuntansiKeuangan 3. KomputerAkuntansi |
5. |
Dra. AdraYefitri |
S1 Pendidikan Dunia Usaha |
1. Mata
Pelajaran KosentrasiKeahlianAkuntansi 2. PraktikumAkuntansi / InstansiPemerintah |
6. |
TrisnaWahyuni, S.Pd |
S1 Pendidikan EkonomiAkuntansi |
1. Dasar-dasar Program Keahlian 2. Mata
Pelajaran KosentrasiKeahlianAkuntansi 3. AdministrasiPajak |
4. Program Keahlian Usaha
Layanan Pariwisata
Usaha
Layanan Pariwisata adalah salah satu program keahlian pada
bidang keahlian Pariwisata. Program Keahlian Usaha
Layanan Pariwisata memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pesertadidik di bidang usaha perjalanan wisata
(tour planning, tour guiding, ticketing, MICE) dan
mampumenciptakan lapangan kerja sendiri.
Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema
Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian
Usaha Perjalanan Wisata, lulusan program
keahlian ini memiliki kompetensi tentang:
a.
Pemesanan tempat
b.
Penghitungan tarif penerbangan
c.
Perencanaan
dan operasional perjalanan wisata
d.
Pemanduan wisata
Karakter yang
diharapkan setelah peserta didik menyelesaikan Pendidikan pada program keahlian Usaha Layanan Pariwisata yaitu:
jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, mandiri, teliti, kreatif, inovatif
dan adaptif
Program keahlian ini memiliki 5
(lima) orang guru Kejuruan dengan latar belakang Pendidikan yang linear sebagai berikut:
Tabel 21
GuruKejuruan Usaha Layanan Pariwisata
No |
Nama |
LatarBelakang Pendidikan |
Mata Pelajaran yang diampu |
1. |
LasmaJuwita, S.Pd. |
D3 Pariwisata dan S1 Administrasi Pendidikan |
1. Dasar-dasar Usaha LayananPariwisata 2. Perencanaan dan PengelolaanPerjalananWisata |
2. |
RiwayatulIsmi. SST.Par., M.Par., M.M. |
S2 Pariwisata |
1. Dasar-dasar Usaha LayananPariwisata, 2. PemanduanWisata, Pemesanan 3. Penghitungan Tarif Penerbangan 4. PemasaranProdukBerbasis
Digital |
3. |
Meli Idayanti, S.Si. |
S1 IPA |
1. Dasar-dasar Usaha LayananPariwisata 2. ProdukKreatif dan Lewirausahaan (PKK) |
4. |
KafyantiNurmeli, S.E. |
S1 Ekonomi |
1.
Dasar-dasar Usaha
LayananPariwisata 2.
MICE |
5. |
TaufikHidayat,
S.Hum. |
S1
Bahasa Jepang& Guru Keahlian Ganda Perhotelan |
Mata
Pelajaran Pilihan: Front
Office |
5. Program Keahlian Perhotelan
Program
Keahlian Perhotelan membantu siswa untuk memiliki pengetahuan dan
ketrampilan perhotelan, khususnya bidang Front Office dan Housekeeping.
Lulusan diharapkan dapat berkerja di hotel, kapal pesiar, restoran, laundry dan
industri sejenisnya, serta berwirausaha di bidang tersebut. Lulusan program
keahlian perhotelan dipersiapkan untuk menjadi tenaga perhotelan yang
memiliki pengetahuan dan keterampilan bidang perhotelan dalam semua departemen hotel
dengan ditunjang oleh sikap dan kepribadian sebagai seorang pelaksana hotel yang
profesional.
Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema
Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada
Kompetensi Keahlian Perhotelan, lulusan program
keahlian ini memiliki kompetensi tentang:
a.
Penyediaan layanan jasa
porter
b.
Menyediakan layanan akomodasi
reception
c.
Menerima
dan memproses reservasi
d.
Penanganan
Linen dan PakaianTamu
e.
Pembersihan lokasi
/ area dan peralatan
f.
Penyiapan kamar untuk tamu
Karakter yang
diharapkan setelah pesertadidik menyelesaikan Pendidikan pada program
keahlian Perhotelan yaitu: sopan, santun, ramah, hygiene, berwawasan luas, jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun,
mandiri, energik, bekerja keras, kreatif, inovatif dan adaptif.
Program keahlian ini memiliki 3 (tiga)
orang guru Kejuruan dengan latar belakang Pendidikan yang linear sebagai berikut:
Tabel 25
Guru Kejuruan Program
KeahlianPerhotelan
No |
Nama |
LatarBelakang Pendidikan |
Mata Pelajaran yang diampu |
1. |
UlfahZahra,S.Kom |
S1 SistemInformasi/ KG Perhotelan |
1. Housekeeping 2. Laundry |
2. |
TaufikHidayat,S.Hum |
S1 Sastra Jepang/ KG Perhotelan |
1. Front Office 2. Housekeeping |
3. |
Maria Astuti,S.St |
D4 ManajemenPerhotelan |
1. Food and Baverage 2. PKK |
6. Program Keahlian Kuliner
Persaingan di Industrikuliner pada
era globalisasi ini semakin menuntut lulusan memiliki kompetensi yang
baik sehingga mampu menghadapi persaingan tersebut. Para lulusan Program
Keahlian Kuliner di bentuk menjadi calon tenaga tingkat menengah yang kompeten di
bidang kuliner sesuai dengan industri berstandar nasional dan internasional. Adapun
hal yang dititikberatkan adalah
a.
Cook
Helper: asisten chef/juru masak pembantu yang bertugas di dapur hotel, restoran,
rumah sakit, catering.
b. Pramusaji:
bertugas melayani makanan dan minuman untuk pelanggan/tamu di hotel, restoran,
catering.
c. Wira
Usaha Kuliner: membuka usaha mandiri di bidang boga antara lain Restoran, catering, Pastry
and Bakery shop.
Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema
Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian
Tata Boga, lulusan program keahlian ini memiliki kompetensi tentang:
a.
Pelayanan Makan
dan Minum
b.
Pembuatan Minuman
Non Alkohol
c.
Pembuatan Makanan
Indonesia
d.
Pembuatan Makanan Kontinental
e.
Pembuatan Produk
Pastry
f.
Pembuatan Produk
Bakery
Karakter yang
diharapkan setelah peserta didik menyelesaikan Pendidikan pada program
keahlian Kulineryaitu: sopan, santun, ramah, hygiene, berwawasan luas, jujur,
disiplin, bertanggung jawab, santun, mandiri, energik, bekerjakeras, kreatif,
inovatif dan adaptif.
Program keahlian ini memiliki 5
(lima) orang guru Kejuruan dengan latar belakang Pendidikan yang linear
sebagai berikut:
Tabel 29
Guru Kejuruan Program
KeahlianKuliner
No |
Nama |
LatarBelakang Pendidikan |
Mata Pelajaran yang diampu |
1. |
Dra Trisnaweli |
S1 Tata Boga (Keahlian Ganda Tata Boga) |
1. KonsentrasiKeahlianKuliner
(PengolahanMakanan dan Minuman) 2. Pelayanan Prima |
2. |
Muhammad Hutson, S.Pd |
S1 Geografi (Keahlian Ganda Tata Boga) |
1. PKK 2. Informatika |
3. |
Sari Rahmanida, S.Pd |
S1 Tata Boga |
1.
KonsentrasiKeahlianKuliner 2.
Produk Pastry dan
Bakery |
4. |
RizkyEllyana Putri, S. Pd |
S1 Tata Boga |
1. Dasar
DasarKuliner 2. KonsentrasiKeahlianKuliner |
5. |
Hafrimardesi |
D3 Tata Boga |
1. Pengolahan dan PenyajianMakanan Indonesia 2. Produk
Cake dan Kue Indonesia 3. KonsentrasiKeahlianKuliner 4. Dasar-dasarkuliner |