BidangKeahlian                         :    1. Bisnis dan Manajemen

                                                       2. Pariwisata

        Program Keahlian                   :     1. Pemasaran

                                                              2. ManajemenPerkantoran dan LayananBisnis

                                                              3. Akuntansi dan Keuangan Lembaga

                                                              4. Usaha LayananPariwisata

                                                              5. Perhotelan

                                                              6. Kuliner

KonsentrasiKeahlian                    : 1. BisnisRitel

                                                       2. ManajemenPerkantoran

                                                       3. Akuntansi

                                                       4. Usaha LayananWisata

                                                       5. Perhotelan

                                                       6. Kuliner


 PROGRAM KEAHLIAN

1.    Program KeahlianPemasaran


Program Keahlian Pemasaran merupakan program keahlian yang membekali pesertadidik nya dengan berbagai ilmu pemasaran, seperti mempelajari proses penyusunan komunikasi terbaru yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitan nya dengan memuaskan keinginan pelanggan serta dapat langsung berkomunikasi dengan masyarakat umum.

Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, Lulusan program keahlian ini memiliki kompetensi tentang:


a.    Melaksanakan pekerjaan sebagai Kasir 

b.    Melaksanakan pekerjaan sebagai Pramuniaga

c.    Melaksanakan pekerjaan Operasional Penjualan Produk dan Jasa


Karakter yang diharapkan setelah pesertadidik menyelesaikan Pendidikan pada program keahlian Pemasaran yaitu: jujur, mandiri, teliti, kreatif, inovatif, adaptif, disiplin, energik, bekerjakeras, tekun, sopan, santun, ramah, dan bertanggung jawab.


Program keahlian ini memiliki 7 (Tujuh) orang guru kejuruan dengan latarbelakang pendidikan yang linear sebagai berikut:

 

 

 

Guru Kejuruan Program KeahlianPemasaran


No

Nama

LatarBelakang Pendidikan

Mata Pelajaran yang diampu

1.

Drs.TaviFerisman

SI Tata Niaga

1.   BisnisOnlie,

2.   Informatika

2.

Dra.Veldayanti

SI Tata Niaga

1.   KonsentrasiKeahlian,

2.   PengelolaanBisnisRitel

3.   AdminstrasiTransaksi

3.

Drs.Riswaldi

SI Tata Niaga

ProdukKreatif dan kewirausahaan

4.

Dra.Sridarmayeti

SI Tata Niaga

1.   KonsentrasiKeahlian

2.   PenataanProduk

3.   AdministrasiTransaksi

5.

Nelfida, S.Pd

SI Tata Niaga

1.   Dasar Kejuruan,

2.   Bisnis Online

3.   KonsentrasiKeahlian

6.

Drs.Surbaini

S1 Koperasi

1.    Dasar Kejuruan

7.

DewiAnggraini, S.Pd

S1 Tata Niaga

1.   Mata Pelajaran Pilihan,

2.   ProdukKreatif dan kewirausahaan

 


2.    Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis


Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis merupakan salah satu cabang bidang keahlian Bisnis dan Manajemen yang pada praktik kerjanya berperan untuk memastikan operasional kantor berjalan lancar. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis pada kegiatan sehari-harifokus pada perencanaan kegiatan kantor, penyediaan peralatan kantor, mengatur perubahan antar departemen, mengatur anggaran keuangan sampai dengan membantu tugas manajemen senior untuk menggaji pegawai.Siswa Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis juga dibekali dengan kemampun berkomunikas isehingga lulusan jurusan inimemiliki kompetensi di bidang hubungan massa, asisten personil maupun sebagai penyelenggara acara.

Berdasa kankurikulum SMK dan Skema Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran, lulusan program keahlian ini memiliki kompetensi tentang:

  1. PengelolaanDokumen Kantor
  2. MelakukanKomunikasi di TempatKerja
  3. Penyusunan Agenda Kerja dan Agenda Perjalanan Dinas Pimpinan
  4. MemberikanLayanan Prima
  5. MembantuPengelolaan Kas Kecil

Karakter yang diharapkan setelah peserta didik menyelesaikan Pendidikan pada program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis yaitu: disiplin, teliti, jujur, tekun, komunikatif, sopan, santun, ramah, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.


Program keahlian ini memiliki 9 (Sembilan) orang guru Kejuruan dengan latarbelakang Pendidikan yang linear sebagaiberikut:


Tabel 13

Guru Kejuruan Program Keahlian

ManajemenPerkantoran dan LayananBisnis


No

Nama

LatarBelakang Pendidikan

Mata Pelajaran yang diampu

1.

Dra. Happy Yeni

S1 AdmPerkantoran

OTK Keuangan dan Informatika

2.

Dra. Yenni Atri

S1 AdmPerkantoran

1.    Humas dan   Keprotokolan

2.    Mata Pelajaran kosentrasiKeahlianPengelolaanAdmUmum 

3.

Dra. Nilma

S1 AdmPerkantoran 

1.    ProdukKreatif dan Kewirausahaan

2.    Dasar DasarKejuruan 

4.

Dra. Elinafidar

S1 AdmPerkantoran 

1.    ProdukKreatif

2.    Mata Pelajaran KosentrasiKeahlianTehknologi Kantor

5.

Dra. Dian Gema Sari

S1 AdmPerkantoran

OTK Sarana Prasarana

6.

Dra. Enita

S1 AdmPerkantoran

1.    OTK Keuangan

2.    Mata Pelajaran Pilihan

7.

Rosneli, S.Pd

S1 AdmPerkantoran

1.    Dasar DasarKejuruan

2.    Mata Pelajaran KosentrasiKeahlanPengelolaanKearsipan

8.

Heldi, S.Pd

 

S1 AdmPerkantoran 

1.   OTK Kepegawaian

2.   Dasar DasarKejuruan

9.

GusnaSadriyenti,S.Pd

S1 AdmPerkantoran

Mata Pelajaran KosentrasiKeahlianTekhnologi Kantor

 


3.    Program KeahlianAkuntansi dan Keuangan Lembaga


Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi. Tenaga bagian akuntansi sangat diperlukan oleh seluruh perusahaan kecil, menengah, dan besar. Baik itu perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan pabrik karena data yang dihasilkan oleh bagian akuntansi sangat diperlukan perusahaan untuk mengetahui likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas perusahaan.


Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, lulusan program keahlian ini memiliki kompetensit entang:


a.   Penyusunan laporan Keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)

b.    Pengoperasian paket program pengolahan data / Spreadsheet

c.    Pengoperasian Aplikasi Komputer Akuntansi


Karakter yang diharapkan setelah pesertadidik menyelesaikan Pendidikan pada program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga yaitu: jujur, tekun, mandiri, teliti, kreatif, inovatif, disiplin, bertanggung jawab, ramah, sopan, dan santun,


Program keahlian inimemiliki 6 (enam) orang guru Kejuruan dengan latarbelakang Pendidikan yang linear sebagai berikut:


Tabel 17

Guru KejuruanAkuntansi dan Keuangan Lembaga


No

Nama

LatarBelakang Pendidikan

Mata Pelajaran yang diampu

1.

Drs.Yurmita

S1 Pendidikan Akuntansi

1.   Informatika

2.   Dasar-dasar Program Keahlian AKL

3.   AkuntansiKeuangan

2.

Dra. Sri Gusti

S1 Pendidikan Dunia Usaha 

1.    ProdukKreatif dan Kewirausahaan 

2.    Mata Pelajaran Pilihan

3.

Dra. NelyEfliza

S1 Pendidikan Dunia Usaha

1.   Dasar-dasar Program Keahlian

2.   Mata Pelajaran KosentrasiKeahlianAkuntansi

4.

Drs.Yulisda

S1 Pendidikan Dunia Usaha

1.   PraktikumAkuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

2.   AkuntansiKeuangan

3.   KomputerAkuntansi

5.

Dra. AdraYefitri

S1 Pendidikan Dunia Usaha 

1.   Mata Pelajaran KosentrasiKeahlianAkuntansi

2.   PraktikumAkuntansi / InstansiPemerintah

6.

TrisnaWahyuni, S.Pd

S1 Pendidikan EkonomiAkuntansi

1.   Dasar-dasar Program Keahlian

2.   Mata Pelajaran KosentrasiKeahlianAkuntansi

3.   AdministrasiPajak

 

4.    Program KeahlianUsaha Layanan Pariwisata

 Usaha Layanan Pariwisata adalah salah satu program keahlian pada bidang keahlian Pariwisata. Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pesertadidik di bidang usaha perjalanan wisata (tour planning, tour guiding, ticketing, MICE) dan mampumenciptakan lapangan kerja sendiri.

Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata, lulusan program keahlian ini memiliki kompetensi tentang:

a.    Pemesanan tempat

b.    Penghitungan tarif penerbangan

c.    Perencanaan dan operasional perjalanan wisata

d.    Pemanduan wisata

Karakter yang diharapkan setelah peserta didik menyelesaikan Pendidikan pada program keahlian Usaha Layanan Pariwisata yaitu: jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, mandiri, teliti, kreatif, inovatif dan adaptif

Program keahlian ini memiliki 5 (lima) orang guru Kejuruan dengan latar belakang Pendidikan yang linear sebagai berikut:


Tabel 21

GuruKejuruan Usaha Layanan Pariwisata


No

Nama

LatarBelakang Pendidikan

Mata Pelajaran yang diampu

1.

LasmaJuwita, S.Pd.

D3 Pariwisata dan S1 Administrasi Pendidikan

1.  Dasar-dasar Usaha LayananPariwisata

2.  Perencanaan dan PengelolaanPerjalananWisata

2.

RiwayatulIsmi. SST.Par., M.Par., M.M.

S2 Pariwisata

1.  Dasar-dasar Usaha LayananPariwisata,

2.  PemanduanWisata, Pemesanan

3.  Penghitungan Tarif Penerbangan

4.  PemasaranProdukBerbasis Digital

3.

Meli Idayanti, S.Si.

S1 IPA

1.  Dasar-dasar Usaha LayananPariwisata

2.  ProdukKreatif dan Lewirausahaan (PKK)

4.

KafyantiNurmeli, S.E.

S1 Ekonomi

1.    Dasar-dasar Usaha LayananPariwisata

2.    MICE

5.

TaufikHidayat, S.Hum.

S1 Bahasa Jepang& Guru Keahlian Ganda Perhotelan

Mata Pelajaran Pilihan:

Front Office

 

5.    Program Keahlian Perhotelan


Program Keahlian Perhotelan membantu siswa untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan perhotelan, khususnya bidang Front Office dan Housekeeping. Lulusan diharapkan dapat berkerja di hotel, kapal pesiar, restoran, laundry dan industri sejenisnya, serta berwirausaha di bidang tersebut. Lulusan program keahlian perhotelan dipersiapkan untuk menjadi tenaga perhotelan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan bidang perhotelan dalam semua departemen hotel dengan ditunjang oleh sikap dan kepribadian sebagai seorang pelaksana hotel yang profesional.


Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian Perhotelan, lulusan program keahlian ini memiliki kompetensi tentang:


a.    Penyediaan layanan jasa porter

b.    Menyediakan layanan akomodasi reception

c.    Menerima dan memproses reservasi

d.    Penanganan Linen dan PakaianTamu

e.    Pembersihan lokasi / area dan peralatan

f.     Penyiapan kamar untuk tamu


Karakter yang diharapkan setelah pesertadidik menyelesaikan Pendidikan pada program keahlian Perhotelan yaitu: sopan, santun, ramah, hygiene, berwawasan luas, jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, mandiri, energik, bekerja keras, kreatif, inovatif dan adaptif.


Program keahlian ini memiliki 3 (tiga) orang guru Kejuruan dengan latar belakang Pendidikan yang linear sebagai berikut:


Tabel 25

Guru Kejuruan Program KeahlianPerhotelan


No

Nama

LatarBelakang Pendidikan

Mata Pelajaran yang diampu

1.

UlfahZahra,S.Kom

S1 SistemInformasi/ KG Perhotelan

1. Housekeeping

2. Laundry

2.

TaufikHidayat,S.Hum

S1 Sastra Jepang/ KG Perhotelan

1. Front Office

2. Housekeeping

3.

Maria Astuti,S.St

D4 ManajemenPerhotelan

1. Food and Baverage

2. PKK

 


6.    Program Keahlian Kuliner

Persaingan di Industrikuliner pada era globalisasi ini semakin menuntut lulusan memiliki kompetensi yang baik sehingga mampu menghadapi persaingan tersebut. Para lulusan Program Keahlian Kuliner di bentuk menjadi calon tenaga tingkat menengah yang kompeten di bidang kuliner sesuai dengan industri berstandar nasional dan internasional. Adapun hal yang dititikberatkan adalah

a.    Cook Helper: asisten chef/juru masak pembantu yang bertugas di dapur hotel, restoran, rumah sakit, catering.

b. Pramusaji: bertugas melayani makanan dan minuman untuk pelanggan/tamu di hotel, restoran, catering.

c. Wira Usaha Kuliner: membuka usaha mandiri di bidang boga antara lain Restoran, catering, Pastry and Bakery shop.

Berdasarkan kurikulum SMK dan Skema Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Level II pada Kompetensi Keahlian Tata Boga, lulusan program keahlian ini memiliki kompetensi tentang:

a.    Pelayanan Makan dan Minum 

b.    Pembuatan Minuman Non Alkohol 

c.    Pembuatan Makanan Indonesia 

d.    Pembuatan Makanan Kontinental 

e.    Pembuatan Produk Pastry

f.     Pembuatan Produk Bakery

Karakter yang diharapkan setelah peserta didik menyelesaikan Pendidikan pada program keahlian Kulineryaitu: sopan, santun, ramah, hygiene, berwawasan luas, jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, mandiri, energik, bekerjakeras, kreatif, inovatif dan adaptif.

Program keahlian ini memiliki 5 (lima) orang guru Kejuruan dengan latar belakang Pendidikan yang linear sebagai berikut:


Tabel 29

Guru Kejuruan Program KeahlianKuliner


No

Nama

LatarBelakang Pendidikan

Mata Pelajaran yang diampu

1.

Dra Trisnaweli

S1 Tata Boga (Keahlian Ganda Tata Boga)

1.   KonsentrasiKeahlianKuliner (PengolahanMakanan dan Minuman)

2.   Pelayanan Prima

2.

Muhammad Hutson, S.Pd

S1 Geografi (Keahlian Ganda Tata Boga) 

1.   PKK 

2.   Informatika 

 

3.

Sari Rahmanida, S.Pd

S1 Tata Boga 

1.     KonsentrasiKeahlianKuliner

2.     Produk Pastry dan Bakery  

4.

RizkyEllyana Putri, S. Pd

S1 Tata Boga

1.    Dasar DasarKuliner

2.    KonsentrasiKeahlianKuliner

5.

Hafrimardesi 

D3 Tata Boga

1.    Pengolahan dan PenyajianMakanan Indonesia

2.    Produk Cake dan Kue Indonesia

3.    KonsentrasiKeahlianKuliner

4.    Dasar-dasarkuliner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Lama....

SSO DAPODIK

INFO GTK

E-KINERJA

DINAS PENDIDIKAN SUMATERA BARAT